Makalah Model Pembelajaran "Tipe Group Investigation"


MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE GROUP INVESTIGATION





ANGGOTA KELOMPOK :
1.      PRAPTI WIDYASTUTI                    /161134016
2.      AGNES WAHYU HERDAYANTI  /161134018
3.      SISCA DANASARI                          /161134019
4.      DANIEL WAHYU SAMODRO      /161134032




JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2018
PENGERTIAN GROUP INVESTIGATION MENURUT PARA AHLI

a)      Menurut Suprijono (2011:80), mengemukakan bahwa dalam pengunaan model group investigation, setiap kelompok akan berkerja melakukan investigasi sesuai dengan masalah yang mereka pilih. Sesuai dengan perngertian tersebut, diketahui bahwa model group investigation adalah pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa sehingga tentu akan membangkitkan semangat serta motivasi mereka untuk belajar.

b)      Menurut Narudin (2009:80), bahwa group investigation  merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajarai melalui bahan-bahan yang tersedia.


c)      Menurut Slavin (2005 : 4 ), model group investigation dapat melatih siswa untuk menumbuhakn kemampuan perfikir sindiri. Keterlibatan siswa secara aktif dapat terlihat oleh dari tahap pertama sampai tahap ahkir pembelajaran.


Berdasarkan tiga pendapat tersebut dapat kami simpulkan bahwa model pembelajaran tipe group investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran dan menekankan pada partisipasi serta aktivitas siswa untuk mencari sendiri informasi yang akan dipelajarai melalu berbagai sumber.





SINTAKS MENURUT PARA AHLI

1.      Menurut Suprijono (2011) dan Narudi (2009)
a.       Guru membagi kelas menjadi kelompok
b.      Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
c.       Guru mengundang ketua-ketua kelompok untuk menggambil materi tugas secara kooperatif.
d.      Masing-masing kelompok membahas materi tugas
e.       Menyampaikan hasil diskusi kelompok.
f.       Kelompok lain memberikan tanggapan.
g.      Guru memberikan penjelasan singkat (klasifikasi) bila terjadi kesalahan dan memberikan kesimpulan.
h.      Evaluasi

2.      Menurut Slavin (2005)
a.       Mengidentifikasi topic dan mengatur murid dalam kelompok
b.      Merencanakan tugas yang akan dipelajarai.
c.       Melaksanakan investigasi
d.      Menyiapkan laporan akhir
e.       Mempresentasikan lamporan akhir
f.       Melakukan evaluasi

3.      Kesimpulan sintaks menurut kelompok
a.       Seleksi topic oleh kelompok.
b.      Perencanaan.
c.       Pelaksanaan rencana atau tindakan.
d.      Analisis dan evaluasi.
e.       Presentasi kelompok.
f.       Evaluasi oleh rekan kelas dan guru.

DAFTAR PUSTAKA
Slavin, E.R 2005.Cooperative Learning. Terjemahan oleh Narulita Yusron.Bandung: Nusa Media
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Apresiasi Sastra Anak " Kendala dan Solusi dalam Legenda"

Makalah Evaluasi Pembelajaran Tes "Pasangan"