Makalah Model Pembelajaran "Tipe Group Investigation"
MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE
GROUP INVESTIGATION
ANGGOTA
KELOMPOK :
1. PRAPTI
WIDYASTUTI /161134016
2. AGNES
WAHYU HERDAYANTI /161134018
3. SISCA
DANASARI /161134019
4. DANIEL
WAHYU SAMODRO /161134032
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2018
PENGERTIAN GROUP INVESTIGATION MENURUT PARA AHLI
a) Menurut
Suprijono (2011:80), mengemukakan bahwa dalam pengunaan model group investigation, setiap kelompok
akan berkerja melakukan investigasi sesuai dengan masalah yang mereka pilih.
Sesuai dengan perngertian tersebut, diketahui bahwa model group investigation adalah pembelajaran yang melibatkan aktivitas
siswa sehingga tentu akan membangkitkan semangat serta motivasi mereka untuk belajar.
b) Menurut
Narudin (2009:80), bahwa group
investigation merupakan salah satu
bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan
aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan
dipelajarai melalui bahan-bahan yang tersedia.
c) Menurut
Slavin (2005 : 4 ), model group
investigation dapat melatih siswa untuk menumbuhakn kemampuan perfikir
sindiri. Keterlibatan siswa secara aktif dapat terlihat oleh dari tahap pertama
sampai tahap ahkir pembelajaran.
Berdasarkan tiga pendapat tersebut dapat kami
simpulkan bahwa model pembelajaran tipe group
investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa
secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran dan menekankan pada partisipasi
serta aktivitas siswa untuk mencari sendiri informasi yang akan dipelajarai
melalu berbagai sumber.
SINTAKS MENURUT PARA AHLI
1. Menurut
Suprijono (2011) dan Narudi (2009)
a. Guru
membagi kelas menjadi kelompok
b. Guru
menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
c. Guru
mengundang ketua-ketua kelompok untuk menggambil materi tugas secara
kooperatif.
d. Masing-masing
kelompok membahas materi tugas
e. Menyampaikan
hasil diskusi kelompok.
f. Kelompok
lain memberikan tanggapan.
g. Guru
memberikan penjelasan singkat (klasifikasi) bila terjadi kesalahan dan
memberikan kesimpulan.
h. Evaluasi
2. Menurut
Slavin (2005)
a. Mengidentifikasi
topic dan mengatur murid dalam kelompok
b. Merencanakan
tugas yang akan dipelajarai.
c. Melaksanakan
investigasi
d. Menyiapkan
laporan akhir
e. Mempresentasikan
lamporan akhir
f. Melakukan
evaluasi
3. Kesimpulan
sintaks menurut kelompok
a. Seleksi
topic oleh kelompok.
b. Perencanaan.
c. Pelaksanaan
rencana atau tindakan.
d. Analisis
dan evaluasi.
e. Presentasi
kelompok.
f. Evaluasi
oleh rekan kelas dan guru.
DAFTAR
PUSTAKA
Slavin, E.R 2005.Cooperative Learning. Terjemahan oleh
Narulita Yusron.Bandung: Nusa Media
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja
Grafindo Persada
Komentar
Posting Komentar